Rss Feed

ShoutMix chat widget

Mau seperti ini?
Click aja disini---> Kumpulan Blog Tutorials

Muslim Jatuh Cinta

Bismillahirahmanirahim
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,


Apa kabar semua? Ini adalah tulisan saya dari Facebook, agar lebih bermanfaat saya memutuskan untuk menyalinnya disini. Hmm.. Bulan puasa seperti ini, enaknya memangnya menulis daripada tidur ;) Tema yang saya ambil ini adalah tentang jatuh cinta, agar para aktivis dakwah yang baru terjun mau-pun yang sedang terjun, muslim muda lainnya, dan terutama penulis sendiri, dapat selalu meluruskan niat dan dapat membedakan sebuah perasaan rendah yaitu nafsu dengan perasaan agung yaitu cinta. Mari luruskan niat dan membaca basmallah,


Haama (Jatuh Cinta)

Apa itu cinta? (sejenak jadi romantis sedikit) Ada yang bilang cinta itu misteri, cinta itu buta, ada juga jenisnya cinta palsu, cinta lokasi, cinta monyet, dll. Cinta bagi setiap orang memiliki bahasa yang berbeda-beda, tapi semua orang memiliki perasaan yang sama terhadap cinta, yaitu membutuhkannya. Setuju? Maka, ada baiknya kita mengenal kebutuhan kita yang satu ini.

Pernah jatuh cinta? Sepertinya hampir semua muslim muda pernah merasakannya. Cinta bagai sebuah penghambaan diri, karena cinta dapat menimbulkan keberanian dan kesungguhan untuk melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak terbayangkan untuk orang yang kita cintai. Namun, kadang kita mengaku cinta tapi.. rasanya tidak membuat kita berani melakukan hal yang sebelumnya tidak terbayangkan..


Nah, muslim muda cinta itu memiliki kriteria, perasaanmu itu bisa menjebak, jadi mari kita lihat kriteria cinta itu sendiri;

Cinta syahwat dan cinta imani, itulah kriterianya.
  • -Cinta syahwat itu adalah nafsu manusia yang menjerumuskan dan bukan nafsu yang dirahmati
  • -Cinta imani adalah cinta yang menjadikan Allah sebuah motivasi dasarnya, membimbing pelakunya pada fitrah yang seharusnya dijalani


Taukah muslim muda tentang tanda-tanda cinta
  1. Ingat selalu padanya, sebagai contoh, seperti Rasulullah yang sangat mencintai Khadijah, dan pada suatu masa selalu mengenangnya sehingga membuat Aisyah cemburu padanya.
  2. Ketika disebutkan namanya, hatimu bergetar "Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebutkan nama Allah, gemetarlah hatinya dan apabila dibacakan ayat-ayat Allah kepadanya mereka bertambah kuatlah imannya dan hanya keada Allah-lah mereka bertawakal" (Qs. Al-Anfal ; 2)
  3. Rindu-rindu-rindu, penuh dengan kerinduan. Arti rindu itu sendiri adalah ketenangan hati karena cinta dan keinginan berdekatan.
  4. 'kau begitu sempurna, dimataku kau begitu indah' ya, bagimu yang jatuh cinta seburuk apapun dia, bagimu dia akan selalu sempurna.
  5. Menciptakan sebuah kekuatan yang tidak terbayangkan


Muslim muda, pahamilah tanda-tanda itu, dan antisipasilah bila dia tiba sebelum saatnya. Mari kita mencegahnya agar, kita tidak jatuh pada sebuah perasaan rendah yaitu nafsu dengan;
  1. Hindari interaksi dan komunikasi berlebihan dengan lawan jenis
  2. Hindari berkhalwat (berdua-an) bila ingin membicarakan sesuatu harus ditemani mahramnya
  3. Menutup aurat
  4. Dibalik tabir atau hijab
  5. Menjaga pandangan
  6. Menjaga suara dan tingkah laku
  7. Pupuk rasa malu
  8. Tidak berikhtilat (bercampur baur) yang berpeluang menimbulkan fitnah

Bila 'Aku terlanjur cinta kepada-mu..';

  1. Renungkanlah apa yang membuat cinta itu hadir ditengah-tengah kita
  2. Mendekatkan diri dengan-Nya dengan memperbanyak istighfar dan zikrullah
  3. Perbanyak kesibukan dengan aktivitas dakwah seperti membuat notes dakwah misalnya atau menulis blog, membaca buku-buku islam, berdiskusi, ikut kalam dan liqo
  4. Perbanyak doa…sesungguhnya Allah adalah Dzat yang Maha membolak-balikkan hati..
  5. Berkumpul dengan mukhrim yang membawa kearah kebaikan
  6. Buang semua hal yang berhubungan dengannya seperti kenang2an dsb


Jika sudah terlanjur cinta dan menjalin hubungan
(backstreet, PDKT, dsb)
  1. Ingatlah bahwa sesungguhnya jodoh itu ditentukan oleh Allah. Meskipun cintamu padanya seluas samudra, kamu dengannya telah cukup lama menjalin hubungan, jika bukan jodoh mau bagaimana lagi.
  2. Cinta kepada Allah adalah cinta sejati, takkan pergi takkan terganti
  3. Bulatkan tekad bahwa dia bukanlah yang halal bagimu, dan cinta akan membuat orang menjadi rapuh maka, ceritakan pada murabbi atau murabbiyah kita yakinlah mereka adalah penyangga yang kuat ketika kita jatuh.
  4. Hindari keragu-raguanmu
  5. Dukungan dari murabbi atau murabbiyah dan saudara seperjuangan adalah hal terpenting..sangat zhalim jika mereka memberikan vonis bersalah kepada kita dan kemudian meninggalkan kita begitu saja. Persoalan cinta bagi seorang aktivis bukan perkara yang mudah apalagi konyol !!
  6. Menikahlah, solusi terakhir dan paling tepat bila cinta datang pada waktunya. Tidak ada yang salah bagi seorang aktivis yang menikah karena sudah terlanjur cinta ko’..bukankah itu juga masuk dalam prinsip manajemen cinta? Dengan begitu maka cinta yang sudah berbelok kemana-mana akan kembali berada di jalan yang lurus.

Jika telah berakhir semua, jangan membencinya, ambilah hikmah atas semuanya, kala bersamanya, dan jauhilah lembah yang gelap ini^^


Semoga bermanfaat dan dapat selalu mengingatkan penulis dan muslim muda lain yang sedang melewati sebuah masa remaja yang penuh dengan gejolak, pilihan dan keputusan, dan sebaik-baiknya keputusan adalah di jalan kebenaran-Nya.


hantur nuhun.
Jazakumullah

^*vhelovera*^

0 komentar:

Posting Komentar

akan menyenangkan jika kamu mau menulis pendapatmu xD -ve_isyaasya-