Rss Feed

ShoutMix chat widget

Mau seperti ini?
Click aja disini---> Kumpulan Blog Tutorials

Laskar Pelangi

Laskar pelangi, hmm.. siapa yang tidak kenal buku ini?
Buku yang fenomenal karya Andrea Hirata. Dan, saya yakin hampir semua mengetahui novel dan kisahnya.

Pertama kali bertemu buku ini secara langsung adalah ketika jalan-jalan santai akhir pekan bersama keluarga di sebuah Mall, di Jakarta. Tujuan saya ke sana hanya satu yaitu... TOKO BUKU!. Dengan langkah lebar dan senyum mengembang saya masuk, dan langsung terpaku, diam. Sebuah buku yang indah menarik perhatian, warnanya manis, pelangi, ada perahu, laut dan rumput. Sungguh indah sekali. Judul-nya-pun unik, Laskar Pelangi. Benar-benar jatuh hati saya melihatnya. Menatapnya, menyentuhnya.. sungguh sensasinya berbeda sekali dari buku yang lainnya.

Sesampai di rumah, ketika semua orang hampir terlelap, saya asyik membelai halaman demi halamannya. Sungguh, buku ini tega sekali! Buku ini berhasil membuat saya menangis, dan menyesali diri atas kesempatan yang saya sia-siakan. Sungguh dramatis, unik, inspiratif, dan menggelitik. Sejuta perasaan terkumpul pada satu buku, membuat daya imajinasiku melambung tinggi dan merindu sebuah tempat bernama belitung. Tempat yang menjadi obsesi-ku kini.


Sebelum membaca buku ini saya membaca buku Sang Pemimpi, yang adalah salah satu trilogi dari buku Laskar Pelangi. Buku-buku karangan Andrea Hirata ini memang menawarkan hal yang berbeda dibanding buku-buku lainnya. Sangat menggelitik, namun sarat makna, bahasa mengalir padat. Inilah awal saya mencintai karya-nya.

Laskar Pelangi.. Mari mengupas lebih dalam tentang buku ini. Novel ini adalah novel pertama karya Andrea Hirata, diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005, dan laris manis! Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah SD dan SMP Muhammadiyah di pulau Belitung. Gedung sekolahnya sudah hampir roboh, gurunya hanya ada dua bersama seorang kepala sekolah, sungguh sekolah yang penuh dengan keterbatasan. Nah, pemeran utama di sini adalah si Ikal. Ikal adalah sosok anak yang sangat menyukai sastra, dia suka sekali membuat puisi. Dan dia adalah anak terpintar kedua di Laskar pelangi. Lalu siapa peringkat pertama-nya? Dialah.. Lintang; Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara lengkapnya, anak seorang nelayan yang harus menempuh jarak 80 km pulang pergi ke rumah dan sekolah. Pengetahuannya sangat luas, dan dia berhasil membawa sekolahnya meraih juara cerdas cermat, namun pada akhirnya sosok inilah yang membuat pembaca menangis tersedu akan nasibnya, Lintang terpaksa berhenti sekolah karena ayahnya meninggal dunia dan dia harus mengurus adik-adiknya.

Nah, mari kita berkenalan dengan anggota Laskar pelangi lainnya. Mahar; Mahar Ahlan bin Jumadi Ahlan bin Zubair bin Awam, dia adalah sosok anak yang sangat unik cerdas dan kreatif, sangat suka bersenandung dan berorasi, memiliki jiwa seni yang tinggi dan sangat menyukai hal-hal yang mistis. Keunikannya ini yang membuat alur cerita lebih hidup dengan gelitikan-gelitakan usilnya, dialog-dialog dan aksi-aksinya.

Kemudian, satu-satunya perempuan dalam laskar pelangi ialah, Sahara, Sahara; N.A. Sahara Aulia Fadillah binti K.A. Muslim Ramdhani Fadillah. Ia adalah gadis keras kepala berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama. Ia adalah gadis yang ramah dan pandai, ia baik kepada siapa saja, kecuali pada A Kiong yang semenjak mereka masuk sekolah sudah ditumpahi dengan air dalam termosnya.

Nah, A Kiong (Chau Chin Kiong); Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman, Anak Hokian, keturunan Tionghoa ini adalah pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Entah apa yang ada dipikirannya, yang pasti baginya Mahar adalah suhunya yang agung. Ia memiliki rasa persahabatan yang tinggi dan baik hati, serta suka menolong pada siapapun, yah, kecuali pada Sahara. Namun uniknya, justru kelak kemudian A Kiong menikah dengan Sahara dan masuk islam. Semakin menguatkan saja bahwa benci dan cinta itu tipis. :)

Ada lagi ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar pelangi, yaitu Kucai; Mukharam Kucai Khairani, Kucai menderita rabun jauh karena kurang gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat, sehingga jika ia menatap marah ke arah Borek, maka akan terlihat ia sedang memperhatikan Trapani. Namun dia adalah anak yang sangat terobsesi menjadi politikus handal, dan kini, mimpinya terwujud, ketika ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPRD Belitong.

Siapa tadi? Borek dan Tripani. Kita lihat sosok mereka..
Borek aka Samson, dia adalah anak yang paling gagah, dia selalu menjaga citranya sebagai laki-laki macho. Ia gemar membanggakan otot-ototnya yang besar dan nampak gagah. Dan, yang lucu adalah ketika dia memberi tahu kepada si Ikal yang kurus kecil itu untuk memperbesar otot dengan bola kasti yang dibagi dua, sungguh unik. Lalu kemudian, Trapani, Trapani Ihsan Jamari bin Zainuddin Ilham Jamari. Pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat dekat dengan ibunya. Apapun yang ia lakukan harus selalu didampingi ibunya, seperti misalnya ketika mereka akan tampil sebagai band yang dikomando oleh Mahar, ia tidak mau tampil jika tak ditonton ibunya. Lelaki yang bercita-cita menjadi guru ini akhirnya kisahnya berakhir di rumah sakit jiwa akibat penyakit psikologi karena ketergantungannya terhadap ibunya.

Lalu dua orang sosok laskar pelangi yang lain yaitu,
Syahdan; Syahdan Noor Aziz bin Syahari Noor Aziz. Nah, Syahdan adalah anak nelayan yang tidak terlalu menonjol dalam cerita ini, bisa dibilang obyek pelengkap penderita, hehe. Kalau ada apa-apa dia pasti yang paling tidak diperhatikan. Misalnya ketika bermain sandiwara, Syahdan hanya kedapatan jadi tukang kipas putri dan itupun masih banyak kesalahannya. Tapi, Syahdan adalah saksi cinta pertama Ikal. Waktu itu ia dan Ikal memang diberi tugas membeli kapur di Toko Sinar Harapan, dan bertemu dengan anak pemilik toko. Semenjak itu Ikal jatuh cinta pada A Ling. Syahdan memiliki cita-cita menjadi aktor terkenal. Dengan bekerja keras pada akhirna dia menjadi aktor sungguhan meski hanya mendapatkan peran kecil seperti tuyul atau jin. Setelah bosan, ia pergi dan kursus komputer. Setelah itu ia berhasil menjadi network designer. Keren ya? Dan terakhir ialah Harun; Harun Ardhli Ramadhan bin Syamsul Hazana Ramadhan, dia adalah orang yang sangat penting, kenapa? Karena kedatangannya-lah pada saat penerimaan siswa baru, yang membuat generasi Laskar Pelangi ada, dia yang membuat siswa menjadi genap 10 sehingga menyelamatkan sekolah mereka yang terancam ditutup. Harun memiliki keterbelakangan mental ini memulai sekolah dasar ketika ia berumur 15 tahun. Laki-laki jenaka ini senantiasa bercerita tentang kucingnya yang berbelang tiga dan melahirkan tiga anak yang masing-masing berbelang tiga, pada tanggal tiga, kepada Sahara. Harun pun senang sekali menanyakan kepada Bu Muslimah kapan libur lebaran akan tiba.

Pada bagian-bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Nama aslinya adalah Floriana, anak tomboi dari keluarga kaya, murid pindahan dari sekolah PN yang kaya dan sekaligus tokoh terakhir yang muncul sebagai bagian dari laskar pelangi. Awal pertama kali masuk sekolah, ia sempat membuat kekacauan dengan mengambil alih tempat duduk Trapani sehingga Trapani yang malang terpaksa tergusur. Ia melakukannya dengan alasan ingin duduk di sebelah Mahar dan tak mau didebat.Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.


Anggota Laskar Pelangi

Bu Muslimah, N.A. Muslimah Hafsari Hamid binti K.A. Abdul Hamid. Dia adalah Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Wanita lembut ini adalah pengajar pertama Laskar Pelangi dan merupakan guru yang paling berharga bagi mereka. Pak Harfan, K.A., Harfan Efendy Noor bin K.A. Fadillah Zein Noor. Kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyah. Ia adalah orang yang sangat baik hati dan penyabar meski murid-murid awalnya takut melihatnya. A ling, Cinta pertama Ikal yang merupakan saudara sepupu A Kiong. A Ling yang cantik dan tegas ini terpaksa berpisah dengan Ikal karena harus menemani bibinya yang tinggal sendiri.

Berikut ini kejadian-kejadian yang aku suka

1. Saat datangnya murid no.10 ^^
2. Saat Lomba cerdas cermat
3. Saat menjemput Limpay keramat
4. Saat festival, Mahar is the best!
5. Saat Ikal jatuh cinta hehe
6. Saat Mahar dkk menemui Datuk, Societeit de Limpai
7. Saat surat lintang tiba, dan dia berhenti sekolah ;'(


Banyak sekali yang saya suka dari buku ini, sastra tingkat tinggi, terobosan baru yang mengguncang Indonesia, buku ini adalah hadiah yang baik, teman saat senja tiba yang akan membuatmu terpesona setengah mati.


Mimpi
Adalah kunci
Untuk kita
Menaklukkan dunia
-nidji-


^*syafiyah*^

0 komentar:

Posting Komentar

akan menyenangkan jika kamu mau menulis pendapatmu xD -ve_isyaasya-