Rss Feed

ShoutMix chat widget

Mau seperti ini?
Click aja disini---> Kumpulan Blog Tutorials

Empat Tahun NgeBlog!

September 2009 - September 2013

Semakin banyak kita membaca, semakin kita tahu, dan seharusnya semakin kita tahu kita juga semakin berilmu. Hakikat berilmu adalah memahami dengan benar dan mampu menuangkan kembali atau mengolah kembali ilmu tersebut. Bentuk penuangan dan pengolahan indikatornya bukan sebatas kemampuan menjawab atau menuliskannya, namun juga praktik. Ilmu pengetahuan pun bukankah diciptakan untuk menjadi solusi berbagai macam permasalahan? Sebab itu, penuangan dan pengolahan serta praktiknya pun harusnya menjadi bagian dari penyelesaian suatu masalah. Lantas... sudahkah saya berhasil melakukannya?


Sayang... sayang sekali, sejauh ini saya banyak menulis namun sedikit membaca. Atau saya cukup banyak membaca, namun apa yang saya tulis berbeda sekali dengan apa yang saya baca itu. Mungkin ini yang menjadi masalah saya, mengapa saya seringkali lupa dengan apa-apa yang saya tuliskan, saya tidak benar-benar memahami. Saya tidak benar-benar menuangkannya dengan perhatian penuh bahwa tulisan itu untuk saya sendiri. Bisa jadi semua itu hanya demi orang lain, dan melupakan bagian diri saya atas makna tulisan atau nasihat itu.

Saya seringkali hanya menulis apa-apa yang saat itu saya ingin, sebatas suka, atau sebatas butuh yang sayangnya jarang disertai pemahaman yang cukup. (Baiklah ini dengan standar saya sendiri). Semakin seseorang banyak membaca, maka akan semakin terlihat wawasannya, terlihat pula bagaimana matangnya. Jika saya melihat diri saya... ah... saya tidak merasakan adanya banyak pembeda antara saya tahun ini, tahun lalu, atau tahun-tahun sebelumnya dalam tulisan saya. Ya mungkin, beberapa puisi tampak menjadi pembeda tapi tema dan topik hampir serupa, walaupun saya belum menarik kesimpulan apa-nya yang serupa. Banyak hal yang saya lewati, yang sayangnya juga tidak banyak terekam dalam tulisan-tulisan. Sampai kapan saya akan melakukan blogging...? Sampai kapan saya akan menulis? Entahlah...

Entah adalah jawaban tidak pasti, dan kepastian saya berhenti menulis memang tidak pasti. Saya hanya perlu kembali banyak membaca, membaca dan membaca. Membaca sesuatu yang berbeda, membaca fenomena, membaca alam, membaca inspirasi. Apapun itu. Setelahnya, saya butuh lebih memahami dan... mengamalkannya.

Apa gunanya ilmu, jika ia tidak dimanfaatkan untuk beramal? Bismillah.

~*Aisyah Asyafiyah*~
31/07/2013

0 komentar:

Posting Komentar

akan menyenangkan jika kamu mau menulis pendapatmu xD -ve_isyaasya-