Rss Feed

ShoutMix chat widget

Mau seperti ini?
Click aja disini---> Kumpulan Blog Tutorials

Membangun Keluarga


"Barakallahu laka wa baraka 'alaik, wa jama'a bainakuma fi khair"


Sesungguhnya, pengharapan tertinggi apa yang hakekatnya ada dalam sebuah keluarga? Suasana terindah apa yang perlu dibangun didalamnya? Rasa terbaik apa yang perlu ditumbuhkan, dipupuk, dijaga, disegarkan untuk mengecup manis-nya pernikahan?

Pengharapan tertinggi itu ialah....
Jika menilik doa yang diucapkan kepada kedua mempelai baru yang berarti, 'Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan" (hr. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibn Majjah) Maka jelas-lah, pengharapan tertinggi adalah barakah dari Dia Yang Maha Penyayang, kebaikan-kebaikan besar yang banyak dan menyebar-meluber antara keduanya hingga keluar dari bilik-bilik rumah sang pengantin. Keluarga yang mampu menjadi kunci kebaikan dan penutup pintu kejelekan, adalah sebuah pengharapan yang begitu tinggi. Ia tidaklah dibangun secara instan, kebaikan itu perlu dipupuk sejak dini, perlu saling mendukung dan menguatkan, cepat dalam menghapus air mata dan sigap memikul beban. Kebaikan itu selalu datang dari-Nya, semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan menjadikan kita lebih baik. Dalam ilmu yang bermanfaat, dalam rezeki yang halal, dalam segala upaya beramal semoga dapat merengkuh kebaikan dunia.

Suasana indah itu adalah.....
Suasana surga.... Tidak asing bagi kita istilah... "Baiti Jannati" -- Rumahku, Surgaku. Tiada ada yang lebih nyaman lagi menyenangkan kecuali rumah yang memiliki suasana surga, hingga merasakan kedekatan kepada-Nya disertai rasa syukur yang mendalam atas keselamatan dan rahmat-Nya. Di rumah itu terasa benar bagaimana terhormatnya sang suami dan berharganya sang istri, tampak pula bidadari-bidadari dan mujahid-mujahid muda yang tumbuh ceria semua disertai manisnya iman, teguhnya ketaatan beserta terpujinya akhlak mulia. 


Rasa terbaik itu adalah....
Mari sejenak melirik ayat yang begitu popular, Ar-Rum : 21"dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang sayang. sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir"

Sungguh, saya bukanlah seorang ahli tafsir, namun tidakkah ayat ini begitu jelas, mengapa ia memberikan lelaki seorang istri? demi ketentramannya dan itupun hak istri untuk mendapatkan ketentraman yang sama. Allah menciptakan rasa kasih sayang diantara mereka, maka jika rasa kasih sayang belum ada minta-minta-minta dan mintalah kepadanya. Sebab, bagiku... jiwa tanpa kasih sayang yang tulus hanyalah kekosongan semata.

Dengarlah, pernikahan tidak akan selamanya membuat kamu sulit tidur, grogi, dheg-dheg-an, cemas yang menurut sebagian orang adalah pertanda jatuh cinta. Cinta, tidak pernah sesempit itu, namun nyatanya cinta memang selalu sederhana. Sayangnya banyak yang melupakannya dan enggan melakukannya, atau tidak mengetahui betapa sederhananya ia.

Cinta itu memberi, memberi kebaikan dan kesempatan.

~*Aisyah Asyafiyah*~
31/07/2013

0 komentar:

Posting Komentar

akan menyenangkan jika kamu mau menulis pendapatmu xD -ve_isyaasya-