Rss Feed

ShoutMix chat widget

Mau seperti ini?
Click aja disini---> Kumpulan Blog Tutorials

Kokology 2



Nah, jika tidak salah pada bulan agustus saya membeli buku ini. Saya mengetahui buku ini dari teman saya, dan sempat heboh dimainkan di kelas bersama teman-teman. Kokology, nama ini terdengar sedikit asing bukan di telinga kita? Kokology adalah kata benda dari bahasa jepang [kokoro, pikiran, semangat perasaan + Yunani, -logia, ilmu]
1. Seri permainan psikoligi baru untuk menyingkap emosi dan sifar tingkah laku seseorang
2. Istilah populer untuk tingkah laku manusia atau respon situasional

Buku ini karya Tadahiko Nagao dan Isamu Saito, diterbitkan oleh PT. Pustaka Delapratasa.
Buku Kokology ini sangat unik, dia jauh berbeda dengan buku-buku pengembangan diri yang biasanya lebih menekankan pada materi yang berusaha memperbaiki salah satu aspek kepribadian loh!. Nah, Kokology adalah penelitian tentang diri, dalam pengertian seluas mungkin, yang mendorong kita untuk mencari sendiri aspek kepribadian kita yang perlu diperbaiki dan menyerahkan pilihan pada kita untuk memperbaikinya. Semua tergantung pada kita, loh!


Buku ini berisikan pertanyaan-pertanyaan atau perintah, berisi skenario singkat yang kemudian diakhiri dengan pertanyaan. Pembaca diminta untuk membayangkan diri dalam situasi tersebut dan secara jujur mengungkapkan apa hal pertama yang terlintas di pikiran kita sebagai jawaban. Ingat jujur! Tidak boleh berpikir terlalu lama, atau membohongi diri karena itu sangat berpengaruh dengan hasil jawabannya. Dari setiap jawaban yang kita ambil, Kokology menyediakan analisa dan menjelaskan kepada kita aspek kepribadian apa yang terungkap dari jawaban tersebut. Kokology mewakili ketepatan anggapan yang mendasari: orang ingin menjelajahi pikiran manusia dan sangat senang melakukannya.
Membaca Kokology sangat mengasyikkan, karena setiap jawaban ada kejutan-kejutan tersendiri. Setiap skenario dan pertanyaan tidak dapat diprediksi hal tersebut akan menunjukkan kita pada potensi apa. Setiap respon yang muncul setiap membaca penjelasan kokology tentang kepribadian kita dapat berbeda-beda.
Buku ini lebih tertarik untuk membantu kita menjawab pertanyaan tentang siapa kita dengan cara yang menyenangkan. Kunci untuk memainkan permainan ini adalah kejujuran diri pada sisi-sisi diri kita, yang selama ini tidak kita ketahui atau sebenarnya kita sadari tapi lebih sering kita simpan rapat-rapat. Tanpa dimulai dengan sikap seperti itu, tak peduli berapa kali pun kita membacanya, Kokology tak akan membawa diri kita semakin dekat pada jawaban yang selama ini mungkin kita cari. Nah, seru bukan? Silahkan dicoba dan temukan hasilnya!! ^_^

^*syafiyah*^

0 komentar:

Posting Komentar

akan menyenangkan jika kamu mau menulis pendapatmu xD -ve_isyaasya-