Rss Feed

ShoutMix chat widget

Mau seperti ini?
Click aja disini---> Kumpulan Blog Tutorials

Keutamaan Hijab

~*Keutamaan Hijab*~
.:Sudut Bumi 
اللَّهِ 18 Oktober 2011:.
الرَّحِيمِ الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ الرَّجِيْمِ الشََّيْطَانِ مِنَ بِاللِه أَعُوْذُ

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Alhamdulillah.. Alhamdulillahi robbil alamin asholatuwasalamu ashrofil ambiyai’ walmurshalin ama ba’du
"Dan demi jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwannnya. " (Asy Syams: 7-8 )

Sahabat fillah yang Aisy rindukan Lillahita’ala, khaifa haluk niih? Aisy berharap semoga senantiasa dalam kesehatan yang super, baik kesehatan JASMANI maupun ROHANI-nya, semoga kita dapat merasakan nikmat Islam dan Iman hingga menyerap ke sendi-sendi ini.
Sahabat, hari ini Aisy merenung.. Bagaimana ya jika hidup ini tanpa si ‘dia’ yang istimewa itu, yang siap sedia menjadi bagian dari ‘pasukan’ penjaga diri ini, tahu-kan? HIJAB, the lovely one! Tanpa dia, duh tidak terbayangkan deh! Apalagi sekarang Hijab itu makin seru, banyak jenis hijab dengan segala variasi, tapi sayang.. terasa tanpa essensi!

Sahabat, terasa-kah oleh kalian arus yang begitu hebat kini menyeret pemudi Islam, kaum Hawa, muslimah kita dengan sebuah kata sakti.. FASHION. Banyak sekali muslimah yang RELA menampakkan auratnya karena hal itu, dan banyak juga loooh muslimah yang berhijab tapi TIDAK RELA tertutup penuh dan KESASI alias Ketat Sana Sini. Padahal.. Yang menciptakan diri kita, jelas sekali berfirman.

يَا أيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ المُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ
“Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang MU’MIN: “Hendaklah mereka MENGULURKAN JILBABNYA ke seluruh tubuh mereka.” (Q.S. Al-Ahzab: 59)
Thats mean.. itu fardhu ain, Sahabat, alias kudu’ wajib musti untukmu wanita muslimah yang cantik ^__^ Hijab itu KETENTUAN-NYA (Point 1).
Allah SWT berfirman:
وَإذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ذَلِكُمْ أطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ
“Apabila kamu meminta suatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka.”    (Q.S. Al-Ahzab: 53)
Kalau membaca itu sahabat menangkap apa? J Ketika mata tidak melihat, hati-pun tidak berhasrat kan? Pada saat seperti ini, maka hati yang tidak melihat akan lebih suci. Ketiadaan fitnah pada saat itu lebih nampak, karena hijab itu menghancurkan keinginan orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya. Nah, Hijab itu KESUCIAN (Point 2). Allah SWT menyifati hijab sebagai kesucian bagi hati orang-orang mu’min, laki-laki maupun perempuan.

Sahabat, ada sahabat Fillah yang pernah share tentang Hijab, ketika ia belum berhijab maka banyak sekali orang yang menganggu-nya entah mendekati atau ber-suit-suit ria, tapi setelah ber-hijab gangguan itu malah berubah jadi Doa; ‘Assalamualaikum’ J Hal ini Paaaas sekali dengan firman yang ini nih;

Allah SWT berfirman:
ياَ أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ المُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أدْنَى أنْ يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ
“Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.”         (Q.S. Al-Ahzab: 59)

Itu karena hijab itu untuk menghindari dan menahan diri dari perbuatan jelek (dosa), “karena itu mereka tidak diganggu”. Maka orang-orang fasik tidak akan mengganggu mereka. So, Hijab itu IFFAH (Point 3) alias menahan diri dari maksiat. Dan,karena itu mereka tidak diganggu” adalah isyarat bahwa mengetahui keindahan tubuh wanita adalah suatu bentuk gangguan berupa fitnah dan kejahatan. Ups... Ups...

Contoh pengalaman lain adalah dari seorang sahabat yang ketika jalan-jalan ke luar negeri dan memesan suatu menu makanan, ia malah dilarang oleh pelayannya, mau tahu kenapa? Karena makanan tersebut mengandung babi yang haram untuk muslim. Kenapa pelayan itu tahu ia muslim? Lewat angket? Nggak lah ya... tapi HIJAB-nya itu! Subhanallah.
Salah satu yang paling sering menjadi alasan PENUNDAAN berhijab adalah; PERBAIKI HATI dulu deh; atau IMAN itu kan di HATI ya nggak usah Jilbab-an deh! Untuk keyakinan yang satu ini pertanyaannya adalah.. YAKIIIN, masih ada umur? YAKIIIN Iman di hatimu udah ‘Oke’? Buktinya? hihi
Sahabat, mau tahu contoh orang yang hanya beriman dalam hati tapi tidak diamalkan dengan perbuatan? Ini adalah keadaan iblis. Dia percaya pada kekuasaan Allah, Dzat yang menghidupkan dan mematikan. Dia meminta penangguhan kematiannya, dia juga percaya terhadap adanya hari Kiamat, tetapi dia tidak beramal dengan anggota tubuhnya. Allah berfirman yang artinya: "la (iblis) enggan dan takabur dan dia temzasuk golongan orang-orang kafir". (Al Baqarah:34) Dalam Al Qur'an setiap kali disebutkan kata iman, selalu disertai dengan amal, seperti: "Orang yang beriman dan beramal shaIih...” Amal selalu beriringan dan merupakan konsekuensi iman, keduanya tidak dapat dipisah-pisahkan.

Dear sahabat yang belum berhijab dengan alasan "iman itu letaknya di hati", coba deh jawab yang ini, andaikata seorang kepala sekolah memintanya membuat laporan, atau mengawasi murid-murid, atau memberi pelajaran ekstra kurikuler, atau menjadi petugas piket untuk menggantikan guru yang berhalangan hadir atau pekerjaan lain, logiskah jika dia menjawab: "Dalam hati, saya percaya dan sudah mantap terhadap apa yang diminta oieh direktur kepadaku, tetapi aku tidak mau melaksanakan apa yang dikehendakinya dariku". Apakah jawaban ini bisa diterima? Lalu apa akibat yang bakal menimpanya?
Sahabat ketahuilah salah satu keutamaan Hijab itu adalah; Hijab itu IMAN (Point 4)
Sahabat akankah kau gadaikan keindahan surga dengan azab yang pedih hanya karena engkau melanggar perintah Hijab yang begitu bermanfaat di dunia ini hanya demi; kesenangan dunia, pujian lelaki, fashion, atau karir? Naudzubillah.
Sahabat tahu tidak betapa luar biasa tidak ABADI-nya hal itu! Sebagai contoh, Disadari atau tidak, Fashion itu mirip seperti berkedip, hari ini booming A besok sudah berbeda, tapi pengikutnya berbondong-bondong ganti bersama; luar biasa deh ya! Sedangkaaan, yang ABADI itu tuh adalah hari akhir dimana ‘Fashion’ yang kita bawa hanya kain sekian meter bernama KAFAN bukan Kaftan xP. Kita juga tidak membawa gaji bulanan atau jabatan, tidak juga setumpuk SMS pujian lelaki. Kita membawa AMAL!


Sahabat yuk sama-sama meraih pahala dengan amalan HIJAB ini, yaitu mengembalikan Hijab kepada yang seharusnya, karena Hijab tidak sekedar mode, tapi juga bersyariat! Hijab yang sesuai syariat adalah; Hijab itu longgar, sehingga tidak membentuk lekuk-lekuk tubuh. Tebal, hingga tidak kelihatan sedikit pun bagian tubuhnya. Tidak meniru mode pakaian wanita-wanita kafir, sehingga wanita-wanita muslimah memiliki identitas pakaian yang dikenal. Tidak memilih wama kain yang kontras (menyala), sehingga menjadi pusat perhatian orang. Hendaknya tidak menyerupai pakaian laki-laki, sebab hal tersebut dilarang oleh syara'. Tidak memakai pakaian yang sedang menjadi mode dengan tujuan pamer misalnya, sehingga ia terjerumus kepada sifat membanggakan diri yang dilarang agama.


Wallahu a'lamu bishshawab.
Marilah, marilah kita memakai AKAL kita untuk berpikir dengan bijaksana; menyusun pemikiran-pemikiran dengan taburan nilai Islam agama Rahmatan Lil Alamin, serta bangunlah! Karena sesungguhnya informasi-informasi itu telah sangat banyak. BACALAH! Demi mencapai kemenangan sejati kita.
Wassalamualaykum Warahmatullah Wabarakatuh,
Barakalllahu Fiikum,
~*Aisyah Asyafiyah*~

0 komentar:

Posting Komentar

akan menyenangkan jika kamu mau menulis pendapatmu xD -ve_isyaasya-